May 18, 2024
Penggunaan genset untuk mengalirkan listrik di pabrik

Genset Cummins sendiri adalah salah satu brand genset yang cukup terkenal. Kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain mempunyai beragam jenis produk genset, produk yang ditawarkan juga mudah Anda temukan di berbagai tempat. Berikut ini adalah beberapa jenis tipe genset dari Cummins yang mudah Anda temukan di pasaran.

Genset Cummins sendiri adalah salah satu brand genset yang cukup terkenal. Kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain mempunyai beragam jenis produk genset, produk yang ditawarkan juga mudah Anda temukan di berbagai tempat. Berikut ini adalah beberapa jenis tipe genset dari Cummins yang mudah Anda temukan di pasaran.

Jenis Genset berdasarkan desain

Yang pertama dilihat berdasarkan tipe desain, dalam hal ini ada 2 tipe Genset Cummins yang ditawarkan, yaitu :

  1. Genset tipe open

Seperti namanya tipe open, maka genset yang satu ini, tidak mempunyai rangka luar, atau tipe terbuka. Ini adalah salah satu tipe yang cukup umum ditemukan. Cara menggunakannya sangat mudah, karena Anda dapat langsung menyalakannya, namun kekurangannya adalah suaranya yang cukup bising. Untuk itu, Anda perlu menyimpanya di tempat yang sedikit jauh dari rumah, atau tempat terlindung lainnya, agar suara yang ditimbulkan oleh mesin, tidak mengganggu aktifitas Anda.

  1. Genset tipe silent

Yang kedua juga cukup umum ditemukan, yaitu tipe silent. Cara menggunakan tipe yang satu ini juga cukup mudah. Selain itu kelebihan lain dari tipe yang satu ini, adalah suaranya tidak terlalu berisik. Karena mampu diredam oleh box yang melingkupi mesin genset tersebut.

Ini akan menjadi salah satu tipe tepat, jika ingin menyimpan mesin tersebut di dalam rumah, atau bangunan lainnya.

Jenis genset berdasarkan bahan bakar

Selain berdasarkan tipe desain, ada juga jenis genset Cummins, berdasarkan bahan bakar yang digunakan, yaitu :

  1. Genset tipe bensin

Ini adalah salah satu  tipe yang cukup umum digunakan. Dalam hal ini ada jenis kapasitas yang ditawarkan, yaitu genset dengan kapasitas dibawah 1.000 watt atau tipe 2, dan tipe 4 untuk genset dengan kapasitas 1.000 watt. Ini termasuk jenis genset yang dapat digunakan oleh umum, baik oleh rumah tangga, UMKM hingga beberapa perusahaan kecil lainnya.

  1. Genset tipe diesel

Genset tipe diesel atau tipe solar, termasuk salah satu yang juga mudah ditemukan di pasaran. Kelebihan dari tipe yang satu ini adalah harganya yang lebih murah. namun kekurangannya, tegangan listrik yang dihasilkan kurang maksimal. Adapun kapasitas listrik yang dihasilkan cukup terbatas, yaitu mulai dari 10 KVA, hingga 1.000 KVA. Tipe yang satu ini biasanya digunakan oleh banyak perusahaan besar, seperti pabrik, rumah sakit, restoran atau yang lainnya.  

  1. Genset tipe gas

Ada juga tipe gas, baik itu  LPG atau juga CNG. Tipe yang satu ini juga mudah Anda temukan di pasaran, namun tidak terlalu banyak ketimbang 2 tipe sebelumnya. 1 hal penting, sebelum Anda menggunakan tipe yang satu ini. Anda membutuhkan pipa gas khusus untuk mendistribusikan bahan bakar, agar genset dapat bekerja dengan baik.

Demikianlah beberapa jenis tipe Genset Cummins, yang perlu Anda ketahui. Jadi kelak, ketika Anda ingin membeli genset Cummins, jadi tahu tipe genset dan kapasitas genset seperti apa yang sebaiknya dipilih, dan pastinya sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *