March 2, 2024
oven listrik tanam
Oven listrik tanam merupakan salah satu alat masak yang dapat menghangatkan makanan, sama halnya seperti microwave. Selain itu menghangatkan makanan, oven tanam juga dapat digunakan untuk membakar, memanggang atau memasak makanan dengan cara yang sangat mudah.

Oven listrik tanam merupakan salah satu alat masak yang dapat menghangatkan makanan, sama halnya seperti microwave. Selain itu menghangatkan makanan, oven tanam juga dapat digunakan untuk membakar, memanggang atau memasak makanan dengan cara yang sangat mudah.

Oven juga dapat membantu anda untuk membuat hidangan dengan ala – ala barat, seperti macaroni panggang dan makanan daging–dagingan lainnya.

Terdapat beberapa jenis – jenis oven yang kerap kali digunakan oleh banyak ibu rumah tangga yaitu :

  1. Oven listrik. Oven listrik  adalah alat pemanggang yang menggunakan sumber panas yang bersumber dari listrik dengan penyesuaian suhu yang sangat efisien. Oven ini sering kali digunakan pada masa konvensional seperti saat sekarang ini.
  2. Oven gas. Oven atau gas kompor adalah oven manual yang penggunaannya membutuhkan alat bantu kompor untuk memanaskan oven. Daya panas yang disalurkan kemudian diolah oleh oven untuk menghangatkan makanan.
  3. Oven konveksi. Oven konveksi merupakan jenis terbaru dari oven yang dilengkapi dengan banyak fasilitas pemanas dan kipas sehingga dapat mencapai suhu terbaik dan stabil.  

Penggunaan Oven Listrik Tanam

Penggunaan dari Oven Listrik Tanam tergolong sangat mudah. Ketika anda baru pertama kali menggunakan oven listrik, anda dapat melihat buku panduan yang disertakan. Berikut beberapa langkah mudah dalam menggunakan Oven Listrik Tanam :

  1. Memeriksa buku panduan pengguna sebagai salah satu prasyarat daya listrik.
  2. Pastikan sumber listrik anda aman dan kompatibel untuk digunakan.
  3. Aturlah oven listrik pada suhu tinggi antara 200 derajat sampai 45 derajat selama 60 menit.
  4. Selanjutnya, bukalah pintu oven dan biarkan oven mendingin terlebih dahulu. Tindakan ini memungkinkan udara untuk masuk sehingga mencegah bau yang tersisa pada oven.
  5. Setelah mendingin kemudian gunakan lap yang lembab kemudian air sabun untuk membersihkan bagian dalam oven.

Cara Memanaskan Oven Listrik Tanam

Seluruh jenis oven dapat dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan makanan yang akan dipanaskan.  Pemanasan awal ini dilakukan untuk memastikan bahwa makanan matang sampai ke bagian dalam.

Dalam proses memanaskan oven ini membutuhkan waktu sekitar 12 – 15 menit namun limit waktu ini disesuaikan dengan jenis oven dan suhu yang diinginkan. Namun untuk oven listrik anda membutuhkan waktu 15 – 20 menit. Pada jenis oven model terbaru anda dapat melihat keterangan lampu sebagai penanda waktu telah pemanasan telah habis.

Perlu anda ketahui bahwa sebaiknya anda menghindari membuka oven pada saat memasak. Hal ini akan membuat panas oven keluar dari box oven, akibatnya anda perlu memanaskan ulang oven agar hasil pemanasan masakan mendapatkan hasil yang baik. Agar oven listrik milik anda awet dan tahan lama maka anda perlu memastikan bahwa perawatan oven listrik tanam anda benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *