May 18, 2024
reng baja ringan
Dalam beberapa waktu terakhir, reng baja ringan menjadi konstruksi bangunan yang banyak dibicarakan dan juga digunakan. Bahkan baja ringan sudah mulai dijadikan sebagai alternatif pengganti kayu dan bambu, maka dari itu produsen baja ringan mulai memproduksi berbagai jenis baja ringan berkualitas.

Dalam beberapa waktu terakhir, reng baja ringan menjadi konstruksi bangunan yang banyak dibicarakan dan juga digunakan. Bahkan baja ringan sudah mulai dijadikan sebagai alternatif pengganti kayu dan bambu, maka dari itu produsen baja ringan mulai memproduksi berbagai jenis baja ringan berkualitas. Mengapa perlu menggunakan baja ringan dan apa saja kelebihannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Reng Baja Ringan 

Baja ringan merupakan material konstruksi yang biasanya digunakan pada bagian atap bangunan, baik itu bangunan rumah, toko, kafe, restoran, gudang, tempat parkir, ataupun bangunan lainnya. Material logam ini terbuat dari bahan Galvalum dengan campuran dari beberapa unsur seperti karbon, zinc, aluminium, dan lainnya.

Kelebihan Baja Ringan

Reng baja ringan banyak dipilih sebagai material konstruksi karena memiliki beberapa kelebihan yang cukup menguntungkan. Beberapa kelebihan dari baja ringan tersebut diantaranya adalah,

  1. Anti rayap dan tahan karat

Tidak seperti kayu dan bambu yang bisa keropos dimakan rayap, baja ringan bisa lebih tahan dari serangan rayap. Jadi penggunaan baja ringan bisa lebih tahan lama. Lalu bagaimana dengan karat yang biasanya dialami material logam? Anda juga tidak perlu khawatir karena material logam Galvalum ini bersifat anti karat.

Dengan menggunakan reng baja ringan, atap rumah Anda tidak perlu diganti meskipun terkena panas dan hujan setiap hari, karena baja ringan tidak mudah lapuk.

  1. Harga terjangkau

Sebelumnya mungkin harga baja ringan lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu dan bambu. Akan tetapi, karena sekarang material kayu dan bambu sudah sulit ditemukan dan harganya menjadi semakin mahal, maka baja ringan jadi pilihan tepat buat Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Ditambah dengan daya tahannya yang cukup kuat, baja ringan memang sangat direkomendasikan dan lebih ekonomis.

  1. Mudah dipasang

Produsen baja ringan memproduksi berbagai jenis baja ringan yang mudah dipasang. Hal ini membuat waktu pemasangannya jadi lebih cepat, sehingga Anda bisa lebih menghemat biaya tukang saat memasangnya.

  1. Lentur dan kuat

Jika dibandingkan dengan logam baja konvensional, baja ringan memiliki kelenturan yang lebih bagus. Meskipun begitu, baja ringan jauh lebih baik dalam menahan kestabilan kayu dibandingkan dengan kayu.

  1. Bisa didaur ulang

Hal ini merupakan kelebihan lain dari material baja ringan yang cukup menarik. Baja ringan bisa didaur ulang dan dimanfaatkan lagi menjadi material untuk bangunan lain. Jadi saat Anda membongkar bangunan, baja ringannya masih bisa digunakan lagi karena tidak karatan ataupun lapuk.

Itulah beberapa kelebihan dari baja ringan jika dibandingkan material lain seperti kayu dan bambu. Dengan beberapa kelebihan tersebut, Anda tidak perlu ragu untuk memilih baja ringan. Jangan lupa untuk menggunakan produk reng baja ringan yang berkualitas dari produsen baja ringan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *