May 23, 2024
produsen baja ringan
Sebelum memutuskan untuk membeli baja ringan perlu mengetahui jenis, ukuran, dan fungsi hingga memilih produsen baja ringan dengan tepat.

Sebelum memutuskan untuk membeli baja ringan perlu mengetahui jenis, ukuran, dan fungsi hingga memilih produsen baja ringan dengan tepat. Untuk Anda yang ingin membuat rumah atau konstruksi lainnya tentu membutuhkan baja ringan. Namun, tidak semua orang tahu tentang baja ringan. Baja jenis ini sendiri sering dimanfaatkan dalam membangun rumah, toko, ruko, serta masih banyak lagi. Tentunya baja mempunyai berbagai jenis dan ukuran yang bervariasi untuk nantinya disesuaikan dengan kebutuhan. Maka dari itu,

Alasan yang membuat baja ini sering dipilih adalah keunggulannya dalam kekuatan, tetapi harganya terjangkau daripada material bangunan lain seperti kayu atau bambu. Seperti namanya baja ini ringan, tetapi sangat kokoh serta bisa mempertahankan bentuk dalam waktu yang cukup lama.

For your information, baja ini berbahan dasar Carbon Steel atau Galvalum. Material tersebut lebih tahan lama serta tahan korosi. Selain itu, terdapat campuran dari berbagai unsur mulai dari karbon, aluminium, mangan, tembaga, silikon, hingga zink sehingga bobotnya lebih ringan. Ringan dan kuat dua sifat yang membuat baja ini sesuai untuk bangunan atap atau atas bangunan. Yuk, kepoin apa saja jenis baja ringan yang ada di produsen baja ringan!

  1. Baja ringan hollow

Baja jenis ini berasal dari bahan Galvanis yang memiliki bentuk balok, bentuk ujungnya persegi, serta di dalamnya kosong. Baja ringan hollow harganya bergantung pada kebutuhan Anda. Biasanya baja ini digunakan sebagai baku atap, plafon, dan kanopi.

  1. Baja ringan kaso

Baja ringan yang juga dikenal dengan truss ini mempunyai fungsi sebagai rangka atap guna diletakkan di genteng. Selain itu, baja ini juga berguna sebagai komponen yang menguatkan tingkat serta kuda-kuda. Sebagai informasi, baja kaso atau truss mempunyai ketebalan 0,75-1 mm. Diketahui baja ini mengandung zink, memiliki bentuk yang mirip dengan hollow serta mirip dengan dua buah baja ringan bondek yang digabungkan.

  1. Baja Ringan Bondek

Salah satu jenis baja yang bisa ditemukan dengan mudah adalah bondek. Baja jenis ini sendiri memiliki fungsi sebagai rangka tulangan,digunakan untuk melapisi atau membungkus guna menahan beban serta tekanan beton. Baja ringan jenis bondek ini pun sering dimanfaatkan dalam membangun rangka atau atau mengganti triplek.

  1. Baja Ringan Reng 

Jika Anda mencari baja ringan yang berbentuk bilah-bilah, maka Reng sangat direkomendasikan. Baja ini dipasang melintang guna menahan atau berperan sebagai sangkutan genteng maupun seng di kasau. Baja ini pun lebih ringan serta tahan lama daripada Reng dari kayu serta bambu. Zinc menjadi bahan dasar pembuatan baja ini sehingga lebih tahan karat dan lebih tahan karat lagi saat cuaca tropis seperti di Indonesia.

Itulah beberapa jenis baja ringan yang bisa Anda cari di berbagai produsennya. Kini, banyak beredar produsen baja ringan di Indonesia sehingga dalam mencarinya tidak perlu khawatir maupun kesulitan. Ditambah dengan kecanggihan teknologi, Anda sudah bisa mencari informasinya di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *