July 27, 2024
Ilustrasi dokter gigi terbaik di semarang

Untuk mendapatkan penampilan yang baik, anda dapat mengunjungi dokter gigi terbaik di semarang.

Untuk mendapatkan penampilan lebih baik, gigi memiliki peran penting. Meskipun letaknya yang tidak terlalu terlihat dan hanya difungsikan untuk mengunyah makanan, gigi harus dirawat dengan baik agar tidak terjadi masalah yang serius. 

Sebelum itu, anda harus mengenal masalah apa yang kerap terjadi pada gigi agar dapat dilakukan penanganan lebih awal. Bahkan jika perlu anda dapat mengunjungi dokter gigi terbaik di semarang. Apa saja masalahnya? Sebagai berikut: 

Penyakit Gusi Atau Periodisasi 

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu peradangan atau infeksi pada gusi yang dapat mengganggu jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Masalah ini harus ditangani dengan segera agar tidak menyebabkan masalah lain. 

Bakteri yang ada di dalam gusi bisa menyebabkan gigi rontok atau tanggal. Bahkan bisa masuk kedalam aliran darah dan menyerang organ tubuh lain seperti jantung dan paru-paru.

Untuk mengenali masalah ini, anda dapat melihat dari keadaan gusi. Jika gusi berwarna merah, mengalami pembengkakan, nyeri ketika disentuh, muncul rongga, dan nanah, dapat dipastikan terjadi masalah.

Erosi Gigi Atau Terkikisnya Email Gigi 

Bagi anda yang suka makan asam berhati-hatilah karena dapat memicu erosi gigi atau terkikisnya email gigi. Email gigi menjadi bagian penting yang digunakan sebagai pelindung gigi yang melindungi lapisan paling sensitif atau dentin. 

Jika email gigi terus mengalami pengikisan maka gigi akan lebih sensitif ketika mengkonsumsi minuman dingin. Bahkan bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri. 

Ketika anda menemukan gigi yang terlalu sensitif, sebaiknya anda menghindari konsumsi minuman bersoda, minuman manis, obat seperti aspirin ataupun antihistamin. Tidak hanya faktor dari luar, erosi gigi juga dapat terjadi karena asam dari dalam tubuh. Misalnya, jika anda penderita asam lambung.  

Gigi Berlubang 

Masalah gigi satu ini paling sering terjadi. Namun, sering kali dianggap remeh dan biasa saja karena banyak orang mengalami nya. Sebenarnya, gigi nerlubang sangat berakibat fatal dan dapat memicu kematian. 

Gigi berlubang biasanya terjadi karena sisa makanan di mulut yang mengundang bakteri jahat berdatangan. Jika dibiarkan maka akan mengikis bagian gigi hingga ke akar-akarnya sehingga gigi menjadi berlubang. 

Semakin dibiarkan, gigi berlubang akan semakin parah dan terasa sakit. Sehingga, anda perlu datang ke dokter gigi terbaik di semarang untuk melakukan pemeriksaan. 

Plak Gigi Atau Karang Gigi 

Banyak orang mengabaikan aktivitas rutin membersihkan gigi setelah makan. Padahal sisa makanan yang ada akan membusuk di rongga mulut dan menyebabkan terjadinya plak gigi atau karang gigi.

Semula, kotoran yang membusuk berwarna kuning pekat. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan semakin menjamur dan mengeras hingga menjadi hitam pekat. Jika sudah seperti ini, maka kotoran yang menempel akan susah hilang. 

Dari sini, akan menimbulkan bau mulut dan peradangan pada gigi. Untuk itu anda harus mengurangi kebiasaan makan manis, makanan berlemak, sering makan sayur, dan biasakan memeriksakan gigi ke dokter gigi terbaik di semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *